Header Ads

Breaking News

CFF Explorer, Optimasi Game pada laptop dengan RAM diatas 2 GB

Akhirnyaaa..setelah berasa sekian lama absen menulis blog, karena kesibukan yang benar-benar padat. jadi merasa punya banyak hal yang pengen di-share.

oke, langsung aja share tentang sebuah software aplikasi sederhana, tapi sangat sangat bermanfaat. software ini sangat berguna buat sobat yang memiliki RAM di atas 2 GB dan sedang menjalankan aplikasi atau game, terutama game jadul, yang belum support RAM di atas 2 GB.

Contoh sederhananya, laptop saya punya RAM 3 GB. Nah, ga tau kenapa, pas saya maen game Call of Duty 5: World at War, rasanya sangat nge-lag dan framerate putus-putus dibandingkan ketika saya maen COD seri yang lebih baru, Call of Duty 8: Modern Warfare 3. Aneh kan? Sama halnya ketika saya maen FIFA 13, rasanya sudah ga bisa ditolerir lemotnya :-/

Akhirnya saya coba searching, usut punya usut, COD 5: WAW ternyata ga support RAM di atas 2 GB sementara kemudian saya bandingkan dengan COD 8: MW3 udah support. Pantes aja!

Dari sana, saya berkesimpulan ada beberapa jenis game atau aplikasi jadul yang belum support RAM lebih dari 2 GB yang berakibat framerate ga stabil, putus-putus. Nah, setelah saya menggunakan software "sakti" ini, akhirnya: COD 5: WAW berjalan mulus, begitu juga FIFA 13. yesss!!

Aplikasi sakti apa?
CFF Explorer. Sobat download aja disini, melalui Softpedia.
Ntar install, lalu ikuti cara pakainya berikut ini. Saya contohkan untuk aplikasi COD 5: WAW.

Pertama, BACKUP file exe yang akan dimodif. ini penting, buat jaga-jaga. tentu saja file exe yang digunakan untuk maen. misalnya CodWAW.exe atau FIFA.exe, pokoknya file EXE yang digunakan untuk menjalankan game. udah dibackup? lanjut.
Buka aplikasi CFF explorer. Browse file EXE sobat yang akan dimodif (ingat, udah dibackup dulu) dengan mengklik tombol icon warna kuning.

jalankan game RAM diatas 2GB
jalankan game RAM diatas 2GB






Udah? berikutnya akan muncul window baru. Di sebelah kiri klik Nt Header>File Header. Lalu sebelah kanan, klik "click here" paling bawah.

jalankan game RAM diatas 2GB

Berikutnya, beri centang app can handle >2gb adderss space. klik OK

jalankan game RAM diatas 2GB

Klik save, lalu jalankan game! rasakan bedanya! Tentu saja, trik ini cuman berlaku buat sobat yang punya RAM diatas 2 GB. Kalo masih kurang yakin, sebagai perbandingan, coba cek game terbaru, buka pake software ini, saya yakin, "app can handle>2gb" udah dalam kondisi tercentang.

Selamat mencoba!









No comments