Feb 6, 2013

Mengatasi Laptop Win 7 tidak bisa Setting Brightness

Halo sobat PostingSembarang. Kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana untuk mengatasi trouble yang sering terjadi pada laptop dengan operating system Windows 7.

Berawal dari seringnya saya merasa tampilan layar saya kurang tajam dan cerah, saya berinisiatif menambah brightness pada layar. Windows 7 sebenarnya memberi opsi mudah untuk setting (adjust) brightness terutama untuk laptop dengan tujuan menghemat baterai pada saat tidak menggunakan AC power.

Mengatasi Laptop Win 7 tidak bisa Setting Brightness

Pada kondisi normal (tidak trouble) sobat bisa menemukan settingan adjust slider brightness melalui klik gambar baterai di taskbar pojok kanan bawah, lalu pilih "adjust screen brightness". nanti akan muncul jendela baru dengan slider berada di bagian bawah. Sobat tinggal atur saja slider sampai level paling maksimum untuk mendapatkan tingkat kecerahan paling tinggi. hanya saja sedikit lebih boros baterai.

Mengatasi Laptop Win 7 tidak bisa Setting Brightness

Nah, pernah suatu ketika, slider yang saya cari tersebut tiba-tiba lenyap! padahal kondisinya, laptop saya masih belum terang secara maksimum.

Ternyata, setelah saya mencari beberapa solusi melalui internet, penyebabnya adalah kadang driver monitor bermasalah. kemudian solusinya saya lakukan sebagai berikut:

1. Buka device manager. buat sobat yang belum tahu, tinggal klik kanan icon my computer (bisa di desktop, di start menu ataupun di windows explorer) lalu pilih properties. nanti di sebelah kiri pilih device manager.
2. Klik tanda plus pada bagian "monitor" pada jendela device manager.
3. Masuk ke dalam tanda plus, biasanya berupa "Generic PNP monitor", lalu klik kanan dan pilih uninstall.

Mengatasi Laptop Win 7 tidak bisa Setting Brightness

4. Setelah ter uninstall, klik icon di bagian atas bertuliskan "scan for hardware changes" untuk kembali mendeteksi driver monitor secara otomatis.

Mengatasi Laptop Win 7 tidak bisa Setting Brightness

5. Selesai, cek kembali settingan slider brightness.
ItemReviewed: Mengatasi Laptop Win 7 tidak bisa Setting Brightness
Rating: 8 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Reviewer: Posting Sembarang

68 comments:

  1. yang punya ane tetep gan ga bisa, gmana ya?:nohope

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran udah uninstall monitor device nya bro? yg Generic PNP monitor itu
      punya ane bisa kok

      Delete
    2. saya sudah coba uninstall yang Generic PNP monitor. Tapi waktu saya scan for hardware changes tulisan Generic PNP monitor ada lagi

      Delete
  2. help me...punya ane juga kagak bisa gan...

    ada cara lain nggak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentar bro, masalah utama adalah "slider brightness yang hilang" kan?
      ane uda search dari forum2 luar negri, ternyata ya cuman bug windows 7 aja.
      tinggal agan udah ikuti langkah dengan teliti ato belum. udah uninstall Generic PNP monitor juga? ane sekali langkah langsung berhasil kok.

      Delete
  3. sungguh bermanfaat,,,,,

    ReplyDelete
  4. misi gan,, di laptop saya juga "Adjust Brightness"nya hilang.. dan saya sudah coba step by step cara yang di atas tapi tetap tidak berhasil.. bahkan saya sudah coba restart laptop nya untuk memastikan tapi tetap saja tidak berhasil,, gmna ya gan ada solusi lain gk??

    mohon kasih pencerahannya terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cara ini,
      1. buka “Device Manager”
      2. di bagian “Monitors” akan ada "installed monitor", "PnP-Monitor (Standard)" biasanya
      3. klik kanan, pilih update driver
      4. pilih “Browse my computer for driver software”
      5. pilih “Let me pick from a list of device drivers on my computer”
      6. centang “Show compatible hardware”
      7. cari “Generic PnP Monitor“
      8. pilih opsi tersebut lalu klik “Next”

      Delete
    2. saya udah ikutin ini, tapi teteep gak adaaaa :(

      Delete
    3. Ia gan, saya juga sudah nyoba tapi gak work" juga... =(

      Delete
    4. ane coba option diatas bisa di win8, sip, thanks banget

      Delete
  5. Thanks, work di windows 8 juga ternyata wakaka, sip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, win 8 juga bisa ya? ane belom pernah nyoba..jadi, thanks buat testimonial nya. semoga berguna buat pengguna win 8 yg lain:)

      Delete
  6. uwaaaahh berhasil!! makasih banyaaaak ^O^ padahal tadinya udah panik banget, >.< makasssiiih postingannya kereeen!

    ReplyDelete
  7. klo g da juga gmn , apa driver bwt brighnees nya g keinstal....,
    laptop ane bis nginstal ulang soal nya gan'

    ReplyDelete
  8. ada cra laen g selain tu ...,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas adul ajah, sejauh ini saya belum menemukan cara lain. dan setau saya brightness tidak perlu driver kok. ini cuman BUG yg muncul di win 7 dan 8 saja, itupun kadang2.

      Delete
  9. Replies
    1. sayang sekali. sepertinya trik ini hanya bisa untuk beberapa model tertentu, dan sejauh ini saya belum menemukan trik lain yang lebih manjur. semoga bisa menemukan solusi lain ya!

      Delete
  10. Work Gan thx ya
    selama ini ane cari"

    ReplyDelete
  11. gk berhasil gan... ada cara lain lg gk ?????

    ReplyDelete
  12. gan, kalo ane screen brigthnessnya ada, baik di icon battery ato adjust screen brihtness.
    tapi walaupun udah di geser2 scrollnya tetep gak mau berubah gan..?
    ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan ane juga :( yang punya solusi nya help dong :(

      Delete
  13. gile.. it's work... makasih ya gan.

    ReplyDelete
  14. Sy jg gak bisa dgn cara di atas

    ReplyDelete
  15. makasi bang, it's work di win 8 :D

    ReplyDelete
  16. gan laptop ane HP 1000 baru diinstall os windows 7 tapi gabisa atur brightness gan sebelumnya sound juga error padahal speaker masih mulus tapi error sama gak bisa sleep dan hibernate udah bener apa karena corrup datanya ya gan skrg ane cari monior di device manager juga ga ada tolongin dong gan

    ReplyDelete
  17. ane juga ga bisa ga make laptop HP G42 ga ada sleep tapi ada hibernate nya

    ReplyDelete
  18. makasih banyak,, wah, sempat panik td, layar nya kontras banget..
    bikin sakit mata,,,
    kirain keyboard yg rusak,,
    :)
    makasihhh

    ReplyDelete
  19. punya ane walau bukan win 7, tp win 8 tetap berhasil gan.......terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  20. apa karena baterai disuruh ngganti jadi gak ada menu adjust brightness?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga kok gan, punya ane batere udah melempen. 5 menit udah mati. tapi masih bisa seting brightness. ane win7

      Delete
  21. bro saya punya solusi tersendiri dan sudah mempraktekannya, bagi teman-teman yang masih gagal brightnesnya alias gak bisa. itu masalahnya driver nya belum ke install seperti intel graphic, ATI, NVIDIA. kalau masalah driver searching saja ke google, tapi inget harus sesuai Type laptop kita.
    saya sudah mempraktekannya dan alhamdulillah 100 % berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sarannya bro.
      kemungkinan besar memang masalah utamanya ada di driver

      Delete
  22. gx bsaaa.. device manager ny gx ada.trs yg untuk d geser2 itu hilang gx ada.apa harus d instal ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. device manager ga ada?maksudnya ga ada item "generic monitor" gitu?
      kalo yg digeser2 itu ilang, justru masalahnya ada disitu. solusinya silakan baca diatas.

      Delete
  23. makasih gan, sekali coba langsung bisa :")

    ReplyDelete
  24. makasih gan sangat berkerja dengan mullus :)

    ReplyDelete
  25. gan laptop ane baru ganti lcd abis di ganti jadi gabisa di atur kontrasnya trus resolusi pas buka aplikasi jadi agak nge lag, mohon infonya gan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf gan, kalo urusan hardware ane ga begitu paham

      Delete
  26. Beneran Work nih thread... tanks Gan!!!!

    ReplyDelete
  27. help me,... gan ane jg mw absen nie,.. kaga bisa,......

    ReplyDelete
  28. acer aspire E1-432, bsa ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba saja gan. ada kalanya berhasil, tapi juga bisa tidak. tapi tidak ada resiko kok

      Delete
  29. gan, lw tk uninstal. mati nggak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga kok gan. ane udah nyoba berkali2. beberapa user diatas juga udah nyoba semua.

      Delete
  30. Thank's banget bro,,,,

    akhirnya brightness gw kembali lagi setelah menghilang,,,

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah, makasih banyak yaa, saya kira laptop kenapa kenapa, ternyata cara tsb bisa dilakukan di win 8

    ReplyDelete
  32. Terima kasih ya!! Sangat membantu laptop saya bisa diatur lagi

    ReplyDelete
  33. Udah diunistal tp tetep gabisa, gada bacaan yg diatas gitu. itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bagaimana? tombol "scan new hardware" itu ada di bagian atas. di toolbar.

      Delete
  34. Makasih gan, bermanfaat

    ReplyDelete
  35. yang jadi masalah di aku sih adjust screen brightness nya ada..tapi waktu aku atur ga ngaruh sama sekali ke brightness nya..kenapa yah?mohon pencerahan..makasih

    ReplyDelete
  36. Ane udh nyoba cara di atas dan gagal trs ane coba install semua driver yg berhubungan sama netbook ane pake software "driver13" dan akhirnya muncul lagi tuh setingan brightness nya. Jadi masalahnya ada pada driver laptop kita, baik itu vga ataupun chipset2 nya.

    ReplyDelete
  37. mo nambahin nie gan....
    pertama masukan CD driver bawaan laptop nya. trus START - COMPUTER clik kanan. PROPERTIS - DEVICE MANAGER - di dlam device manager pilih DISPLAY ADAPTER klik kanan pilih UPDET DRIVE SOFTWARE pilih BROWSER MY COMUTER FOR DRIVE SOFTWARE kemudian search for drive software in tis location biasa nya F:/ kmudian NEXT dan tunggu sampai driver dari CD muncul.. kemudian close dan laptop restar sendiri....

    ReplyDelete
  38. postingan yang sangat membantu dan di gugel baru 1 satunya sip sob

    ReplyDelete
  39. membantu sekali.. thanks :)

    ReplyDelete
  40. Thanx Masbro !!! Ane Jadi Langganan Nampakna Nie !!! Trus Semangat Buat Ngasih Info YAng Paling Berguna Lagi MAsbroooo !!!
    Arigatou ..... -_-

    ReplyDelete
  41. tetep gabisa gan, kan laptop gua baru diinstal win 7 tipenya hp 1000 tapi kaga ada adjust screen brightness nya gan, gimana yak caranya biar ada? bantu ane dong gan, gua udh nyoba yang diatas tapi gabisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah tes dengan kombinasi tombol gan?
      untuk hp1000 ada info lengkap disini:
      http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/document?cc=us&lc=en&cc=us&dlc=en&lc=en&product=5450102&tmp_track_link=ot_search&docname=c00832191

      Delete
  42. Gan gue udah ikutin semua diatas kok masih belum bisa yah?? Udah diuninstall di scan lagi udah gua updates driver seperti cara diatas tapi masih aja brightness gue engga bisa dicerahin. Mohon pencerahannya kak laptop gue Lenovo Z400 Win 8

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lenovo z400 sepertinya ada masalah khusus terkait win 8. cek solusinya (berupa instalasi driver yang lebih kompatibel) disini: http://forums.lenovo.com/t5/IdeaPad-Y-and-U-series-Laptops/Z400-Can-t-adjust-brightness-in-Windows-8-1/ta-p/1303113
      semoga berhasil

      Delete