Header Ads

Breaking News

Ayo Berburu Backlink dengan Blogwalking!

Sebentar, apa sih backlink itu? apa pula gunanya?

Artikel ini tentunya pas banget buat sobat blogger yang pengen menaikkan traffic yang masuk ke blog sobat.
nah, sebelum masuk ke topik utama, berburu backlink dengan blogwalking, saya menjelaskan sedikit tentang apa itu backlink.

Secara sederhana, backlink adalah link yang biasanya berupa teks atau gambar dari suatu situs yang jika diklik akan mengarah atau menuju ke situs kita. Nah, link tersebut merupakan BACKLINK. 

Lalu, apa pentingnya backlink?
baik, salah satu teknik SEO (Search engine Optimization) adalah dengan backlinking. semakin banyak backlink yang dimiliki situs kita, semakin bagus juga situs kita terlihat oleh Google dan pada akhirnya akan menempatkan situs kita di posisi yang bagus di hasil pencarian search engine berdasarkan keyword yang sesuai dengan konten situs kita.



Kembali ke topik utama, saya akan menjelaskan bagaimana membuat backlinking dengan cara blogwalking.

Blogwalking secara sederhananya adalah jalan-jalan ke blog-blog milik orang lain dan memberikan komentar terhadap artikel blog mereka. Namun, dengan begitu jangan kemudian asal memposting komentar kepada blog yang sobat kunjungi. belum tentu blog yang sobat kunjungi meng-approve komen sobat, ya kan? Nah, berkomentarlah dengan etika yang baik, bacalah walau sedikit yang penting pernyataan kita sesuai dengan artikel yang telah dibaca, sehingga pemilik blog akan merasa dihargai, siap meng-approve komentar, membalasnya, dan melakukan kunjungan balik ke blog kita. juga jangan membuat komen yang kurang berbobot, seperti "nice post gan" ato "sip gan ane setuju". buatlah lebih komunikatif sehingga pemilik blog merasa dihargai artikelnya.

Lalu bagaimana cara membuat backlink saat berkomentar?




Pertama, tergantung apakah blog yang dikunjungi berbasis wordpress atau blogspot. umumnya, blog berbasis wordpress memiliki kemudahan bagi komentator untuk menyisipkan link blog mereka ke dalam komen. Wordpress umumnya memberi tempat form khusus untuk menuliskan link sobat. 

khusus untuk blogspot, sobat bisa mengganti opsi "login sebagai" atau "login as" di form comment menjadi "name/url" sehingga sobat tinggal menulis url di dalamnya. Cara ini jauh lebih mudah namun tentu saja, foto akun sobat tidak akan terpampang di comment:)

Untuk situs yang tidak memberi tempat untuk menyisipkan URL link, sobat bisa menyisipkan kode html ke dalam komen. cukup tulis komen sobat secara lengkap, lalu masukkan kode berikut untuk menyisipkan link ke dalam komen.
<a href="http://postingsembarang.blogspot.com">Portal artikel dan Info menarik!</a> 
Nah, tinggal ganti tulisan kode warna biru dengan link address blog sobat, lalu teks warna merah dengan kalimat linknya.

hasilnya akan seperti berikut: Portal artikel dan Info menarik!

Selamat blogwalking, sobat!

12 comments:

  1. Your blog posts and articles are very interesting, for me so inspired, keep your blog so that I can read and post your next article, thank you

    ReplyDelete
  2. Mantap juga nih infonya, memang dengan blogwalking selain bersilaturahmi juga bisa mencari Backlink, salam kenal ya..

    ReplyDelete
  3. Mantap infonya nih, ijin nyimak ya jadi tau kalau Blogwalking ada gunanya buat Blog, tapi apa bener gak ngaruh ke Traffict, makasih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ke traffic biasanya secara ga langsung bro. namun blogwalking (yg disertai backlink di komen) bisa membuat peringkat di search engine menguat yang secara ga langsung berimbas naiknya traffic.

      Delete
  4. sekalian nyimak sambil numpang ningalin Link ya gan..salah satu fungsi blogwalking jg nich gan..he.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan..langsung sekalian praktek ya :D
      silakan disimak ya:)

      Delete
  5. Ok gan, postingan yang mantab, sekalian testing nih

    ReplyDelete
  6. terima kasih infonya, saya lebih mengerti tentang blog walking sekarang ^^
    Portal artikel dan Info menarik!

    ReplyDelete
  7. coba dulu ah,,, mumpung baru buat blog :D

    ReplyDelete
  8. Mantab Gan, Agar Backling anda bertambah maka ayo tukar link dengan saya gan.
    http://blog-medianet.blogspot.com/2014/09/ayo-tukar-link-gratis-bersama-masrolicom.html

    ReplyDelete
  9. Sangat berguna banget kak artikelnya, sangat membantu saya yang lagi belajar naikin traffic saya buat web jualan saya www.jaketcustom.id

    ReplyDelete